buat sim.. ~ We Space

Sunday, June 08, 2008

buat sim..

Duh, akhirnya jadi juga buat sim A setelah di tilang sama polisi gara2 plat mobil baru ga di pasang…. Hehehe... sial, kenanya 300rb lagi... dasar polisi sekarang, taunya cuman duit aja duit aja.. mang gaji mereka ga cukup iya... secara, kan tugas utama polisi itu sih harusnya mengayomi masyarakat. Bukannya memeras masyarakat...

Saya secara pribadi sih ga masalah di tilang kalau memang pas lagi ada razia (operasi apa jaya gitu deh) atau melanggar peraturan lalu lintas. Lah ini malah pagi2 mau berangkat kerja di tepiin sama si bapak polisi terhormat ini. Bukannya ngatur lalu lintas, malah cari korban buat di peras uangnya.. iya secara, saya pasti heran dong, ga melanggar lalu lintas, tiba2 di prittt... usut punya usut ternyata plat mobil yang sudah mau kadarluarsa itu di permasalahkan sama dia. Padahal klo di lihat dari stnk, kan ga ada masalah... dasar lah, mang lagi bad luck aja.. uda itu taunya sim nya juga uda kadarluarsa lagi.. uda seminggu matinya... hahaha... dasar mang lagi bad luck..

Ini nih, gara2 kejadian ini nih, terpaksa deh hari sabtu bangun pagi2, trus uda itu ke kantor samsat yang di daan mogot untuk buat sim..

Sampai disana, iya bingung...ga tau mau mulainya dari mana. mang dasar nekat, iya liat orang lagi beli formulir kesehatan, iya ikut beli aja.. hehehe, dan ternyata mang benar, start pointnya dari situ.. habis itu, terus ke ruangan sebelah buat periksa kesehatan.. dan tau ga , cara pemeriksaannya gampang banget.. kasih formulir, trus di suruh duduk, dan baca beberapa huruf gitu deh, seperti periksa mata gitu deh, tapi yang ini lebih singkat.. hehehe, malas kali iye, yang bagian pemeriksaannya..

Habis semua itu, meluncur deh ke gedung utama untuk proses pembuatan sim. Bingung juga sampai gedung utama mau mulai dari mana, akhirnya singgah deh ke bagian infromasi nanya prosedurnya.. ehh, tau-nya bapak yang kerja di bagian infromasi malah nawarin jasa bantuan, dengan syarat harus bayar 350rb.. secara iya gua langsung setuju aja, dengan pertimbangan klo buat di biro jasa bisa kena 450rb++. Setelah deal, baru tau deh gua, klo sim gua cukup di perpanjang aja. Walaupun mang pada dasarnya sim gua dari riau, tapi ternyata bisa di perpanjang juga di jakarta. Jadinya ga usa ikut2 test gitu deh... iya sudah terlanjur bayar bapak itu, mau gimana lagi... bedanya, klo pakai jasa bapak ini, kita tinggal bayar 350rb, semuanya di urus sama dia, kita tinggal nunggu foto aja.. ( tapi foto tetap harus antri sih). Sebenarnya ga beda dgn klo kita buat sendiri.. hahahaha.. klo kita perpanjang sendiri, paling2 kena bayar 60rb aja di biaya administrasi.

Iya gitu deh....

Kesimpulannya, ternyata sekarng mau buat sim atau perpanjang sim gampang banget deh... hahaha..

Ini nih prosedur secara singkatnya iya :

  1. beli formulir kesehatan = 10Rb
  2. periksa mata di ruang sebelah dia..
  3. ke gedung utama beli formulir aplikasi sim + bayar administrasi ( perpanjang = 60rb, buat baru = 70rb)
  4. ikut ujian atau tes (buat yang belum punya sim, alias buat baru )
  5. foto ( ini pun kalo lulus test aja)
  6. ke ruang tunggu, nunggu nama kita di panggil buat ambil sim kita.

Note: buat yang perpanjang, uda ga usah ikut2 test lagi, dari langkah aplikasi, uda bisa langsung ke sesi foto..

Bagi yang ga lulus test, mereka bisa ikut test lagi lain hari tanpa harus membayar lagi..

Gampang kan...??

0 comments:

Post a Comment